Universitas Muhammadiyah Malang adalah kampusku

 

 

171041_620Universitas Muhammadiyah Malang berada di kota Malang, Jawa Timur yang berdiri pada tanggal 19 Juni tahun 1963 oleh yayasan perguruan tinggi Muhammadiyah dengan akta notaris R. Sihojo Wongsowidjojo dan dibangun atas prakarsa tokoh-tokoh muhammadiyah daerah Malang.
Awal mulanya Universitas Muhammadiyah Malang baru membuka beberapa fakultas yaitu fakultas ekonomi, fakultas hukum dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan atau disingkat FKIP Ilmu Agama yang merupakan cabang fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Universitas Muhammadiyah Malang merupakan universitas yang berkembang dengan pesat, oleh sebab itu PP Muhammadiyah memberikan amanah pada Universitas Muhammadiyah Malang sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah di wilayah Indonesia bagian timur. Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai komitmen untuk meningkatkan Tri Darma pendidikan tinggi dan mewujudkan diri sebagai “The Real University”.
Seiring dengan perkembangan waktu, Universitas Muhammadiyah Malang resmi berdiri sendiri dan terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 1 Juli 1968 oleh yayasan perguruan tinggi Muhammadiyah Malang.
Pada tahun yang sama Universitas Muhammadiyah Malang membuka fakultas kesejahteraan sosial, maka universitas Muhammadiyah Malang telah memiliki empat fakultas. lain dari hai itu fakultas jurusan pendidikan agama mendaftarkan diri sebagai fakultas agama yangberada dalam naungan departemen Agama sebagai Fakultas Tarbiyah dan pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah mendapat status yang sama dengan IAIN dan fakultas ilmu kesejahteraan sosial berganti menjadi fakultas ilmu sosial dengan jurusan ilmu kesejahteraan sosial. Fakultas ini resmi berdiri sendiri pada tahun 1975. Lalu Universitas Muhammadiyah Malang kembali membuka fakultas baru yaitu fakultas teknik pada 1978, fakutas pertanian program studi budidaya pertanian pada tahun 1980, fakultas peternakan pada 1987, fakultas kedokteran pada tahun 2001 dan fakultas ilmu kesehatan pada 2007. Serta fakultas fakultas lain yang bertambah sejalan dengan berkembangnya Universitas Muhammadiyah Malang. Kini Universitas Muhammadiyah Malang memiliki tiga kampus yakni kampus satu berada di Jalan Bandung no 1, kampus dua di Jalan Bendungan Sutami no 188 A, dan kampus tiga di Jalan Raya Tlogomas no 246.

Leave a comment